TEH

Kebiasaan minum the pertama kali dikenal di dataran China. Sekitar tahun 2737 SM, Kaisar Shen Nong megunjungi suatu wilayah dan tanpa sengaja sejumlah daun kering jatuh  ke dalam air yang sedang mendidih  dan menyebabkan perubahan warna pada air, setelah dicicipi, air yang kejatuhan daun tersebut mempunyai aroma dam rasa yang khas. Kaisar merasa segar badannya setelah meneguk cairan tersebut.
Kebiasaan ini akhirnya menyebar ke seluruh daratan China. Pendeta Zen Budha Yesei memperkenalkan teh ke Jepang. MInum teh menjadi ritual yang dianggap penting, terutama di Jepang. Wadah yang digunakan dan cara meminumnya-pun mempunyai aturan-aturan tertentu.
Teh mulai masuk dan dikenal Eropa melalui misionaris Portugis Jasper de Cruz (1956) dan mulai dikenal Inggris antara tahun 1652-1654.
Di Indonesia, kebiasaan minum teh tidak terlalu terikat dengan tradisi dan aturan. Untuk menambah kenikmatan penyajian biasanya seduhan teh ditambahi gula. Waktu minumnya pun sesuai selera.
Tanaman teh (Camelia sinesis) merupakan tanaman yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis dengan ketinggian antara 200-2000 meer di atas permukaan laut.
Teh berasal dari kawasan India bagian utara dan Cina Selatan. Ada dua varietas teh yang terkenal yaitu Assamica yang berasal dari Assam dan Sinesis(Cina). Assamica memiliki daun agak besar dengan ujung yang runcing, sedangkan sinesis daunnya lebih kecil dan ujungnya agak tumpul.
Pohon teh merupakan tanaman perdu dengan ketinggian 2-10 meter. Batangnya tegak, berkayu, bercabang-cabang dengan ujung rantung dan daun mudanya berambut halus. Daunnya tunggal, bertangkai pendek dengan helaian kaku berbentuk elips memanjang degna warna hijau dan permukaan mengkilap.
Khusus Indonesia teh telah dibudidayakan di daerah dengan kelembaban tinggi, seperti Bogor (Jawa Barat) atau Lawang (Malang).
Jenis-Jenis teh:
1 Teh Hitam (Black Tea) — Memiliki aroma, citarasa, dan warna khas. Setelah diseduh warna cairannya cokelat tua kehitaman dengan rasa agak pahit. Negara penghasil teh hitam adalah Sri Lanka, India, dan Cina
2. Teh Hijau (Green Tea) — Berwarna hijau karena tanin penyebab warna gelap tidak teroksidasi. Air seduhannya berwarna hijau.
3. Teh Oolong — Merupakan perpaduan antar teh hijau dengan teh hitam. Setelah diseduh cairannya berwarna kuning keemasan.
Manfaat Teh
1. Untuk Kesehatan : Zat gizi dan senyawa-senyawa aktif yang terdapat dalam daun teh sangat bermanfaat untuk mananggulangi berbagai penyakit. Teh bisa menurunkan kadar kolestrol dan mencegah penyakit jantung. Polyphenol dan catechin teh mampu memperkuat dinding sel darah merah dan mengatur permeabilitasnya. Selain itu juga mengurangi kecenderungan trombosis, mencegah oksidasi kolestrol LDL darah sehingga mengurangi terjadinga arterosklerosiscdi pembuluh darah dan mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung koroner. Teh juga dapat digunakan untuk terapi tekanan darah, dan penghilang stress karena teanin dalam teh mempunyai efek lembut (calm) terhadap mental dan emosi, teh juga dapat meningkatkan daya ingat.Manfaat lainnya adalah, mencegah kanker kulit, paru, esofagus, lambung, hati, usus halus, pankreas, kolon, kandung kemih, prostat, ovarium, menurunkan kadar gula pada penderita diabetes melitus, melindungi dari hepatitis, dam memperkuat tulang dan gigi.
2. Untuk Kecantikan :Hasil penelitian The America Journal of Clinical Nutrition belum lama ini, menemukan khasiat teh,terutama teh hijau, untuk menghindari kegemukan dan melangsingkan tubuh. Ekstrak daun teh juga dapat membantu memperkecil pori-pori, menyamarkan flek (noda hitam), mengatasi jerawat, juga memberi nutrisi pada kulit. Teh juga mengandung senyawa yang bersifat astrigent sehingga bisa membantu untuk mengatasi dan menyegarkan mata yang sembab dan menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Caranya ambil bekas (sisa) teh celup yang telah diseduh, gunakan untuk mengkompres mata. Dijamin lingkaran hitam di kantung mata akan lenyap. Tingginya senyawa kalsium dan fluoride teh juga mampu mempertahankan densitas tulang dan gigi, sementara fluoride mencegah pertumbuhan karies gigi, mencegah radang gusi, dan gigi belubang.
Walaupun menyimpan sejuta manfaat, teh juga pantang diminum beberpa orang, yakni Wanita hamil, wanita menyusui, dan penderita sembelit, jadi tiga orang yang baru disebutin tersebut jangan minum teh ya…
Dan selain ketiganya ayo rame-rame ngeteh dan rasakan sendiri manfaatnya, selamat ngeteh…
ditulis pada : 10:54 AM 7/8/2008

3 Responses to TEH

  1. Mr WordPress mengatakan:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. xxxx mengatakan:

    new blog,,

    new blog,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: