SEMBILAN ALASAN TETAP MENJAGA POLA TIDUR

Berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk memejamkan mata dan mengistirahatkan pikiran? Atau, berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk tidur? Jika jawabannya adalah kurang dari tujuh hingga delapan jam, waspadalah karena berbagai penyakit sudah mengintai kamu. Yup! Begitulah kalau dilihat dari segi kesehatan, mengurangi waktu tidur memang nggak ada gunanya sama sekali. Di Amrik aja (Amerika Serikat) udah sekitar lima puluh hingga tujuh puluh juta orang yang mengalami insomnia (tau kan? Itu loh, penyakit susah tidur,). Dan mereka-mereka itu telah divonis berpeluang tinggi mengalami ganggauan kesehatan. Berikut hasil penelitian dari kerugian-kerugian orang yangkurang tidur :

1.  Umur lebih pendek. Mereka yang tidur kurang dari lima jam lima belas persen sangat berpeluang mati mendadak meskipun penyebabnya berbeda-beda. Penelitian Sleep and the Archives of General Psychiatry itu juga menyebutkan kurang tidur termasuk tiga besar penyebab kematian.

2.  Risiko penyakit jantung. Hasil penelitian pada 2003 menyebutkan kalau empat puluh lima cewek yang kurang tidur dari lima jam sangat beresiko terkena serangan jantung.

3.  Penyebab kecelakaan. Journal of Medicine Inggris pada 2007 mengungkapkan, dua puluh persen penyebab kecelakaan mobil adalah karena sopir yang tertidur / ngantuk. Itu adalah penyebab kecelakaan terbesar kedua setelah penggunaan alkohol.

4.  Diabetes dan glukosa tinggi. Penelitian pada 2005 yang dipublikasikan Archives of Internal Medicine menyatakan, orang yang tidur hanya empat jam per hari punya peluang terkena penyakit diabetes 2,5 persen lebih banyak. Sementara itu, 1,7 kali untuk mereka yang tidur hanya enam jam (sama-sama kurang dari tuuh jam kan…).

5.  Lebih gendut. Jangan dikira dengan begadang, badan kita malah menyusut, malah sebaliknya. Itulah hasil penelitian Institute of Medicine pada 2006 lalu. Hormon yang membuat lapar orang yang tidur dibawah tujuh jam sangat tinggi. Itu mengakibatkan orang tersebut lebih banyak makan daripada orang yang tidur sekitar tujuh sampai delapan jam.

6.  Sulit Diet. Selain lebih gendut, kamu-kamu yang tidur kurang dari tujuh jam, bakal terancam sulit diet. Journal of Clinical Sleep Medicine baru-baru ini menyebutkan kalau orang-prang yang sulit tidur bakal sulit buat diet. Sebab, protein, kolestrol, dan makanan yang dimakan dicerna secara nggak sempurna. Dan, sekali lagi, kebanyakan kasus ini dialami kamu para cewek.

7.  Tekanan darah lebih tinggi. Sulit tidur menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi meninggi. Jika hal tersebut terus berlanjut, yah… siap-siap aja kena hipertensi.

8.  Cenderung depresi. Selain gangguan kesehatan yang menyerang fisik, mereka yang kurang tidur sangat berpotensi megalami gangguan kesehatan mental semacam depresi atau stres. Dan hal itu nggak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga para remaja.

9.  Keseimbangan berkurang. Penelitian yang dilakukan terhadap katak oleh Journal of Gerontology pada 2007 lalu, katak yang kurang tidur dalam sehari rata-rata dua hingga 4,5 kali sering jatuh.

Nah, walaupun sibuk banget usahakan dong buat menjaga pola tidur kita, ok…

8:19 PM 9/7/2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: