TOM CRUISE PERNAH ALAMI DISLEKSIA

Siapa yang pernah mengira bahwa Tom Cruise, aktor papan atas Hollywood ternyata pernah mengalami disleksia. Hal mengejutkan itu disampaikan mantan suami Nicole Kidman tersebut dalam sebuah wawancara dengan sebuah majalah mingguan. “Saya divonis menderita disleksia sejak umur tujuh tahun” kata Cruise kepada XL Semanal, majalah mingguan asal Spanyol yang mewawancarainya tersebut. Aktor tampan itu mengatakan sempat frustasi karena keadaan tersebut. “Saya bertanya pada diri sendiri, apakah saya ini normal atau orang bodoh” ujarnya. “Saya berusaha keras untuk berkonsentrasi, tapi yang saya rasakan hanyalah keragu-raguan, frustasi dan kebosanan,” tambah suami dari aktris Katie Holmes.
Setelah lulus dari SMA pada 1980, Cruise mengaku dirinya tak lebih dari seorang “buta huruf”. Dan yang membuatnya semakin frustasi adalah, dia merasa tak ada seorang pun yang bisa memberikan jawaban atas keluhannya. “Saya ingin tahu kenapa lingkungan seolah tak peduli pada saya, penderita disleksia,” sambung sahabat David Beckam ini. Cruise akhirnya dapat membaca, menulis dan mengeja dengan sempurna setelah mempelajari metode ala L. Ron Hubbart, yang juga seorang pendiri scientology (scientology adalah paham yang dianut Tom Cruise). “Dan sekarang disleksia sudah menjadi masa lalu saya” lanjut Cruise.

tom-cruise-principal1

Disleksia

Disleksia (bahasa Inggris: dyslexia) adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktifitas membaca dan menulis.
Perkataan disleksia berasal dari bahasa Yunani δυς- dys- (“kesulitan untuk”) dan λέξις lexis (“huruf” atau “leksikal”).
Pada umumnya keterbatasan ini hanya ditujukan pada kesulitan seseorang dalam membaca dan menulis, akan tetapi tidak terbatas dalam perkembangan kemampuan standar yang lain seperti kecerdasan, kemampuan menganalisa dan juga daya sensorik pada indera perasa.
Terminologi disleksia juga digunakan untuk merujuk kepada kehilangan kemampuan membaca pada seseorang dikarenakan akibat kerusakan pada otak. Disleksia pada tipe ini sering disebut sebagai “Alexia”. Selain mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis, disleksia juga ditenggarai juga mempengaruhi kemampuan berbicara pada beberapa pengidapnya.
Disleksia tidak hanya terbatas pada ketidakmampuan seseorang untuk menyusun atau membaca kalimat dalam urutan terbalik tetapi juga dalam berbagai macam urutan, termasuk dari atas ke bawah.
Para peneliti menemukan disfungsi ini disebabkan oleh kondisi dari biokimia otak yang tidak stabil dan juga dalam beberapa hal akibat bawaan keturunan dari orang tua.
Selain Tom Cruise, okoh-tokoh terkenal yang diketahui mempunyai disfungsi dyslexia adalah ilmuan pencetus teori relativitas Albert Einstein, aktor tampan Orlando Bloom, Whoopi Goldberg dan Vanessa Amorosi.

One Response to TOM CRUISE PERNAH ALAMI DISLEKSIA

  1. diazhandsome mengatakan:

    waduuhh.. gak nyangka… kalo males belajar itu disleksia bukan??

    salam kenal… main lagi ya ke blog gw… http://diazhandsome.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: