MANFAAT BIJI BUNGA MATAHARI

kuaci

Biji bunga matahari atau yang selama ini lebih akrab kita sebut kuaci ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lho!. Kandungan lemak dalam biji bunga matahari sangat tinggi, yakni sekitar 50%, dan jika dikonsumsi dengan susu atau hasil olahannya yang kaya akan protein, maka biji bungan matahari dapat menjadi makanan yang mengenyangkan bagi sel tubuh (dan sekaligus lezat tentunya…). Kecukupan asupan makanan akan mencegah kelelahan karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Biji bunga matahari yang diketahui kaya protein, fosfor, lemak, potasium, magnesium, dan besi juga akan megeluarkan minyak apabila dihancurkan. Setelah dikupas, bahan tersebut juga dapat digunakan sebagai pengganti kacang tanah untuk taburan bubur ayam, sup, salad, atau yoghurt. Minyak biji bunga matahari juga mengandung asam likoleat yang berguna untuk mengurangi endapan kolestrol pada dinding pembuluh darah. Karena kandungan itulah minyak biji bunga matahari juga sangat disarankan sebagai pengganti mentega. Sebab, pada mentega lebih banyak mengandung lemak padat. Kandungan besi dalam biji bunga matahari juga bermanfaat, yakni untuk mencegah penyakit anemia. Nah, makanya kalau pengen ngemil menyehatkan dan nggak pengen gendut, mending pilih aja camilan kuaci. Sumber : Jawa Pos ; Sri Wahyuningsih MKes (direktur Akademi Gizi Surabaya) 1:48 PM 9/28/2008

TOM CRUISE PERNAH ALAMI DISLEKSIA

Siapa yang pernah mengira bahwa Tom Cruise, aktor papan atas Hollywood ternyata pernah mengalami disleksia. Hal mengejutkan itu disampaikan mantan suami Nicole Kidman tersebut dalam sebuah wawancara dengan sebuah majalah mingguan. “Saya divonis menderita disleksia sejak umur tujuh tahun” kata Cruise kepada XL Semanal, majalah mingguan asal Spanyol yang mewawancarainya tersebut. Aktor tampan itu mengatakan sempat frustasi karena keadaan tersebut. “Saya bertanya pada diri sendiri, apakah saya ini normal atau orang bodoh” ujarnya. “Saya berusaha keras untuk berkonsentrasi, tapi yang saya rasakan hanyalah keragu-raguan, frustasi dan kebosanan,” tambah suami dari aktris Katie Holmes.
Setelah lulus dari SMA pada 1980, Cruise mengaku dirinya tak lebih dari seorang “buta huruf”. Dan yang membuatnya semakin frustasi adalah, dia merasa tak ada seorang pun yang bisa memberikan jawaban atas keluhannya. “Saya ingin tahu kenapa lingkungan seolah tak peduli pada saya, penderita disleksia,” sambung sahabat David Beckam ini. Cruise akhirnya dapat membaca, menulis dan mengeja dengan sempurna setelah mempelajari metode ala L. Ron Hubbart, yang juga seorang pendiri scientology (scientology adalah paham yang dianut Tom Cruise). “Dan sekarang disleksia sudah menjadi masa lalu saya” lanjut Cruise.

tom-cruise-principal1

Disleksia

Disleksia (bahasa Inggris: dyslexia) adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktifitas membaca dan menulis.
Perkataan disleksia berasal dari bahasa Yunani δυς- dys- (“kesulitan untuk”) dan λέξις lexis (“huruf” atau “leksikal”).
Pada umumnya keterbatasan ini hanya ditujukan pada kesulitan seseorang dalam membaca dan menulis, akan tetapi tidak terbatas dalam perkembangan kemampuan standar yang lain seperti kecerdasan, kemampuan menganalisa dan juga daya sensorik pada indera perasa.
Terminologi disleksia juga digunakan untuk merujuk kepada kehilangan kemampuan membaca pada seseorang dikarenakan akibat kerusakan pada otak. Disleksia pada tipe ini sering disebut sebagai “Alexia”. Selain mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis, disleksia juga ditenggarai juga mempengaruhi kemampuan berbicara pada beberapa pengidapnya.
Disleksia tidak hanya terbatas pada ketidakmampuan seseorang untuk menyusun atau membaca kalimat dalam urutan terbalik tetapi juga dalam berbagai macam urutan, termasuk dari atas ke bawah.
Para peneliti menemukan disfungsi ini disebabkan oleh kondisi dari biokimia otak yang tidak stabil dan juga dalam beberapa hal akibat bawaan keturunan dari orang tua.
Selain Tom Cruise, okoh-tokoh terkenal yang diketahui mempunyai disfungsi dyslexia adalah ilmuan pencetus teori relativitas Albert Einstein, aktor tampan Orlando Bloom, Whoopi Goldberg dan Vanessa Amorosi.

POPCORN SEBABKAN KANKER PARU-PARU

Kamu suka popcorn? Kamu sering makan popcorn? Hmm popcorn emang enak banget siy, apalagi kalau buat camilan sambil nonton tv atau bioskop. Eits,  tapi tahu enggak kalau popcorn ternyata juga nggak baik untuk kesehatan lho. Hal tersebut dikarenakan bahan kimia yang digunakan untuk memberi rasa margarin pada popcorn dapat merusak paru-paru dan saluran pernafasan saat dicoba pada tikus.
Percobaan menunjukkan bahwa diacetyl (nama komponen dalam perasa margarin buatan) dapat menyebabkan lymphocytic bronchiolitis.
Tikus percobaan yang menghirup uap diacetyl dalam waktu 3 bulan, terbukti mengidap lymphocytic bronchiolitis.
Kondisi  dapat mengakibatkan obliterative bronchiolitis. Obliterative bronchiolitis merupakan suatu penyakit langka dan melemahkan yang banyak didapati pada mereka yang bekerja di pabrik pengemasan popcorn microwave.
Kondisi yang sulit disembuhkan itu menimbulkan gejala yang samar, seperti batuk dan kesulitan bernafas. Gejala-gejala tersebut akan memburuk secara bertahap. Hmm tapi kalau liat gambar dibawah ini, rasanya sulit ya  buat nolak popcorn…

popcorn

ENAM HAL YANG DILARANG DI SAAT MENGEMUDI

Selama mengendarai kendaraan dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika konsentrasi terpecah sedetik saja, maka akan beresiko menimbulkan kecelakaan.

Ketika berkendara, tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada detik berikutnya. Karena itulah dibutuhkan konsentrasi penuh untuk menghindari hal-hal darurat yang mungkin terjadi.

Berikut hal-hal yang amat dilarang dilakukan ketika mengemudi:

1. Menggunakan telepon selama berkendara
Lupakan handsfree yang dengan segala macam teknologinya, seperti bluetooth, atau bahkan yang mampu terintegrasi dengan audio sistem mobil Anda sekalipun. Sebab, bukan masalah repot atau tidaknya kedua tangan Anda ketika menelepon sambil mengemudi, namun konsentrasi yang terbagi dua.

Penelitian internasional mengungkapkan, mengemudi sambil menggunakan telepon, termasuk SMS, menyumbang satu dari empat kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Bahkan menggunakan telepon dianggap lebih berbahaya dari pada pengaruh alkohol ketika mengemudi. Karena otak dipaksa berpikir hal penting lainnya dari topik pembicaraan yang dilakukan di telepon, sehingga konsentrasi pengemudi terpecah.

2. Menonton saat mengemudi
Saat ini banyak sekali audio mobil yang sudah dilengkapi televisi atau video. Tujuannya memang bagus, yakni menghibur pengendara selama dalam perjalanan, apalagi jika rute yang ditempuh cukup memakan waktu. Namun sebaiknya hindari menonton televisi atau video bagi Anda yang mengemudikan mobil.

Sebab hal ini sama efeknya dengan aktifitas menelepon ketika berkendara. Kalaupun ingin tetap mempertahankan fasilitas hiburan ini, cukuplah bagi kursi penumpang saja yang dilengkapi layar video, bukan diletakkan di dashboard yang bisa memungkinkan dilihat juga oleh pengemudi.

3. Mengganti saluran radio, kaset, atau CD ketika mengemudi
Cukuplah dengan hiburan di mobil untuk pengemudi berupa audio. Namun ini juga perlu diingat, jangan mengganti saluran gelombang radio, kaset, CD atau melakukan seting suara audio sistem mobil Anda saat mengendarai, apalagi pada kecepatan yang tinggi.

Jika ingin mengganti CD, berhentilah sejenak. Karena dengan Anda mengambil Kaset, CD, ataupun gelombang radio yang Anda inginkan, maka perhatian Anda akan tertuju pada benda-benda itu, buka pada kondisi dan situasi jalan. Yang akhirnya akan sangat menimbulkan risiko kecelakaan.

4. Minum atau makan
Jika perut terasa lapar atau haus, sebaiknya menepi, karena konsentrasi akan terpecah jika Anda melakukan aktifitas ini ketika mengemudi kendaraan.

5. Merokok
Selain bahayanya bagi kesehatan, merokok juga bisa memecah konsentrasi saat mengemudi. Sebaiknya lakukan hal ini ketika berhenti atau beristirahat. Bara api rokok yang tertiup angin dan masuk ke dalam kabin mobil juga bisa memicu terjadinya kebakaran, karena interior mobil rata-rata menggunakan bahan yang mudah terbakar.

6. Terlibat topik pembicaraan yang berat
Mengemudi, apabila ditemani seseorang memang menyenangkan. Ada teman yang bisa diajak berbicara selama dalam perjalanan. Namun hendaknya topik pembicaraan yang diangkat janganlah terlalu berat. Penumpang juga dapat dianggap sebagai gangguan, karena itu jangan biarkan penumpang memecah konsentrasi pengemudi.

2539424

SEMBILAN ALASAN TETAP MENJAGA POLA TIDUR

Berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk memejamkan mata dan mengistirahatkan pikiran? Atau, berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk tidur? Jika jawabannya adalah kurang dari tujuh hingga delapan jam, waspadalah karena berbagai penyakit sudah mengintai kamu. Yup! Begitulah kalau dilihat dari segi kesehatan, mengurangi waktu tidur memang nggak ada gunanya sama sekali. Di Amrik aja (Amerika Serikat) udah sekitar lima puluh hingga tujuh puluh juta orang yang mengalami insomnia (tau kan? Itu loh, penyakit susah tidur,). Dan mereka-mereka itu telah divonis berpeluang tinggi mengalami ganggauan kesehatan. Berikut hasil penelitian dari kerugian-kerugian orang yangkurang tidur :

1.  Umur lebih pendek. Mereka yang tidur kurang dari lima jam lima belas persen sangat berpeluang mati mendadak meskipun penyebabnya berbeda-beda. Penelitian Sleep and the Archives of General Psychiatry itu juga menyebutkan kurang tidur termasuk tiga besar penyebab kematian.

2.  Risiko penyakit jantung. Hasil penelitian pada 2003 menyebutkan kalau empat puluh lima cewek yang kurang tidur dari lima jam sangat beresiko terkena serangan jantung.

3.  Penyebab kecelakaan. Journal of Medicine Inggris pada 2007 mengungkapkan, dua puluh persen penyebab kecelakaan mobil adalah karena sopir yang tertidur / ngantuk. Itu adalah penyebab kecelakaan terbesar kedua setelah penggunaan alkohol.

4.  Diabetes dan glukosa tinggi. Penelitian pada 2005 yang dipublikasikan Archives of Internal Medicine menyatakan, orang yang tidur hanya empat jam per hari punya peluang terkena penyakit diabetes 2,5 persen lebih banyak. Sementara itu, 1,7 kali untuk mereka yang tidur hanya enam jam (sama-sama kurang dari tuuh jam kan…).

5.  Lebih gendut. Jangan dikira dengan begadang, badan kita malah menyusut, malah sebaliknya. Itulah hasil penelitian Institute of Medicine pada 2006 lalu. Hormon yang membuat lapar orang yang tidur dibawah tujuh jam sangat tinggi. Itu mengakibatkan orang tersebut lebih banyak makan daripada orang yang tidur sekitar tujuh sampai delapan jam.

6.  Sulit Diet. Selain lebih gendut, kamu-kamu yang tidur kurang dari tujuh jam, bakal terancam sulit diet. Journal of Clinical Sleep Medicine baru-baru ini menyebutkan kalau orang-prang yang sulit tidur bakal sulit buat diet. Sebab, protein, kolestrol, dan makanan yang dimakan dicerna secara nggak sempurna. Dan, sekali lagi, kebanyakan kasus ini dialami kamu para cewek.

7.  Tekanan darah lebih tinggi. Sulit tidur menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi meninggi. Jika hal tersebut terus berlanjut, yah… siap-siap aja kena hipertensi.

8.  Cenderung depresi. Selain gangguan kesehatan yang menyerang fisik, mereka yang kurang tidur sangat berpotensi megalami gangguan kesehatan mental semacam depresi atau stres. Dan hal itu nggak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga para remaja.

9.  Keseimbangan berkurang. Penelitian yang dilakukan terhadap katak oleh Journal of Gerontology pada 2007 lalu, katak yang kurang tidur dalam sehari rata-rata dua hingga 4,5 kali sering jatuh.

Nah, walaupun sibuk banget usahakan dong buat menjaga pola tidur kita, ok…

8:19 PM 9/7/2008

MANFAAT SELEDRI

seledri

Seledri yang selama ini hanya digunakan sebagai pelengkap masakan, seperti saat memasak sop, atau perkedel, sepertinya bakalan naik “tahta” nih, karena sayuran berasa pahit ini ternyata mempunyai manfaat lebih yang nggak kalah dengan sayuran “utama” lainnya. Seledri mentah dipercaya dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu melumpuhkan aktivitas kuman yang dapat mengakibatkan gigi keropos. Masyarakat Tiongkok juga percaya seledri dapat menurunkan tekanan darah, hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah, efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah. Seledri, karena kandungan seratnya, ternyata juga dapat membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi dan menyegarkan aroma mulut kita.
Seledri juga mempunyai komponen gizi yang cukup baik. Jumlah vitamin C dan K termasuk dalam kategori sangat baik. Kandungan kalium, folat, serat, vitamin B6, mangan-nya berkategori baik. Selain itu seledri juga cukup mengandung sumber kalsium, vitamin B1, magnesium, vitamin A, triptofan, zat besi, dan vitamin B2.
Untuk mendapat khasiat yang maksimal, kalian perlu memilih seledri yang warnanya terlihat masih hijau (bila mungkin,pilih seledri yang jenis besar) dan terlihat segar, baik daunnya maupun tangkainya. Tapi, kalau kamu nggak menggunakan langsung seledri tersebut, nih ada tipsnya supaya seledri kamu tetap segar walaupun sudah disimpan. Sebelum menyimpan seledri, usahakan dibungkus dengan plastik lebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Simpel kan…
Untuk mengkonsumsinya, ada berbagai cara. Bisa di-jus atau langsung dilahap mentah-mentah. Kalau di-jus cukup dengan tiga sampai lima tangkai dan sebaiknya dikombinasi dengan buah untuk mengurangi rasa pahit, baiknya minum jus kombinasi tersebut dua kali sehari. Dalam keadaan mentah seledri dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Seledri enaknya di-jus sama buah apa ya… 😕

10:13 PM 9/1/2008

MANFAAT KULIT UDANG

Kulit udang yang biasanya hanya menjadi “penghuni” tempat sampah ternyata mempunyai manfaat tersembunyi yang nggak semua orang tahu *kamu juga nggak tahu kan?*.Kulit udang ternyata dapat diolah menjadi perasa organik yang sama fungsinya dengan penyedap masakan. Untuk mendapatkan perasa organik tersebut, kulit udang harus dikeringkan dulu, lalu dipanaskan, baru setelah itu dihaluskan. Adalah chef Maranata Butar-Butar, executive chef JW Marriott Hotel Surabaya yang menjelaskan seputar manfaat “tersembunyi” kulit udang tersebut. Ia mengatakan, wujud olahan jadinya akan berupa buliran-buliran lembut yang katanya sih mirip-mirip kayak garam gitu, tapi warnanya kuning kecokelatan. “Di Jepang, perasa organik dari kulit udang ini sedah banyak digunakan menggatikan MSG. Perasa udang dipilih karena dianggap lebih aman ketimbang perasa kimiawi,” jelasnya. Sementara di Indonesia, perasa organis itu hanya dimanfaatkan di restoran-restoran Jepang, itupun cuma restoran-restoran tertentu. Tapi, bagi kamu atau siapalah yang punya alergi, sebaiknya jangan coba-coba olahan udang seperti di atas. Termasuk juga udang kemasan. Konon katanya *cie…*, sajian tersebut tu sama aja dengan campuran udang segar dengan udang yang nggak segar. “Pilihan amannya. konsumsi udang segar saja,” lanjut chef Maranata Butar-Butar. Makanya, kalau beli udang beli aja di pasar tradisional, jangan meluluuu beli di supermarket…okey!!!

10:57 PM 8/30/2008